Powered By Blogger

Tuesday 29 September 2015

Cara menggunakan Internet yang efektif dan efisien


      

         Cara menggunakan Internet yang efektif dan efisien




Jika anda duduk berjam-jam sehari di depan komputer yang terkoneksi dengan internet, maka hal itu merupakan suatu kesempatan belajar yang luar biasa, walaupun kesempatan itu kadang tidak kita sadari.
Keberadaa internet memang unik, salah seorang teman pernah mengatakan kalau koneksi internet putus, rasanya begitu banyak hal yang ingin dilakukan dengan internet. Tetapi saat koneksi internet terpasang, kita tidak tahu apa lagi yang harus dilakukan. Ibarat sebuah perpustakaan raksasa dan kita tidak tahu harus membaca buku yang mana terlebih dahulu.
Memang kenyataannya, seorang pakar pun belum tentu dapat menggunakan seluruh fungsi internet yang telah tersedia dan terus bertambah. Tetapi minimal, kita dapat mengenal dan mulai mempraktekkan jurus-jurus sederhana yang akan dibahas pada artikel ini, tidak diperlukan kode program atau pengetahuan yang rumit untuk melakukannya.
Artikel ini tidak hanya merangkum beberapa trik dan penggunaan praktis internet yang dapat kita gunakan sehari-hari tetapi juga mencoba memberikan pemahaman positif dalam menggunakan internet.

Penggunaan Internet Secara Umum

Internet memiliki pengertian yang luas, tidak hanya sekedar menjalankan browser dan mengakses website. Saat kita berkomunikasi dengan e-mail dan VoIP ( Voice Over Internet Protocol ), mengontrol komputer lain dengan remote acces, download/upload file sharing, ataupun bermain game online, semuanya merupakan kegiatan-kegiatan yang memanfaatkan internet.
Semakin hari, pengguna internet semakin bertambah, tetapi ternyata tidak seiring dengan penggunaan yang baik. Internet yang pada awalnya sangat membantu telah terdistorsi dengan berbagai gangguan. Di tengah semua gangguan dan rintangan itu, kita harus tetap menggunakan internet untuk pekerjaan sehari-hari.
Contoh mudahnya saja, e-mail yang pada awalnya memperlancar dan mempercepat pertukaran informasi, saat ini telah banyak disusupi oleh spam, juga kebiasaan tidak menghapus ekor email yang tidak penting sehingga tidak jarang kita harus mendownload beberapa kilobyte untuk membaca reply yang berisi satu kalimat saja.
Untuk hal ini ada baiknya kita meniru cara kerja para programer yang umumnya sangat efisien dalam mengetik kode program. Resiko menulis program dengan tidak baik adalah ukuran file membengkak, performa menurun, dan susah di maintain.
Resiko yang sama sebenarnya berlaku juga di dunia internet. Anda dapat mencoba mengikuti mailing list yang aktif dengan ribuan member di dalamnya, dan menghitung sendiri berapa banyak setiap harinya pesan yang di-reply secara kontinyu membentuk ekor e-mail yang semakin panjang. Seandainya bisa dihemat tentu akan mengurangi beban trafik keseluruhan secara signifikan.

Cara Browsing Dengan Cepat

Sampai di sini kita tinggalkan sejenak membahas penghematan data pada email, sekarang kita membahas cara efisien browsing untuk yang memiliki koneksi internet relatif lambat atau lebih suka mengetik cepat.
Beberapa jurus yang dapat dipraktekkan pada web browser antara lain:
Bookmark
Rasanya setiap web browser populer memiliki fitur ini, yang berfungsi untuk menyimpan URL website favorit. CTRL + D merupakan shortcut yang umum digunakan untuk melakukan bookmark. Bookmark memudahkan anda untuk mengakses kembali website tersebut tanpa harus menghapal URL-nya.
Kenali Shortcut
Setiap aplikasi biasanya memiliki shortcut untuk mempercepat pekerjaan yang sedang dilakukan. Saat anda terbiasa menggunakan shortcut tersebut, keseluruhan pekerjaan akan menjadi lebih cepat. Beberapa shortcut yang umumnya ada pada web browser adalah:
  • CTRL + T (membuat Tab Baru)
  • CTRL + Tab (pndah antar tab)
  • CTRL + W atau click tombol mouse wheel pada tab (menutup tab)
  • CTRL + click hyperlink, atau click tombol mause wheel pada hyperlink (membuka link pada tab baru)
  • ALT + D (menempatkan cursor pada address bar)
  • ALT + Enter (membuka URL pada tab baru)
  • ALT + panah kiri (kembali ke halaman sebelumnya)
  • CTRL + Enter (otomatis menambahkan awalan "www." dan akhiran ".com" pada URL yang diketik pada address bar
Mengenali Karakteristik Web
Katakanlah anda ingin mencari informasi mengenai internet pada website wikipedia.org, bagaimana langkah-langkahnya? Mungkin anda mengetikkan terlebih dahulu URL wikipedia.org, menunggu beberapa saat hingga halaman wikipedia.org terbuka (ditambah lagi koneksi internet anda sedang parah ), baru kemudian mengetikkan keyword "internet" pada field yang disediakan. Atau justru anda menggunakan search engine untuk mencari keyword di wikipedia? Tapi coba perhatikan perubahan URL yang terjadi pada address bar, tampak URL dari http://wikipedia.org menjadi http://en.wikipedia.org/wiki/internet. Artinya anda sebenarnya dapat langsung mengetikkan URL tersebut pada address bar untuk mendapatkan hasil yang sama. Untuk mencari keyword yang lain, anda tinggal mengganti kata "internet" dengan keyword yang dikehendaki. Untuk dua kata atau lebih yang dipisahkan oleh spasi, digunakan underscore sebagai pemisah kata. Misalnya ingin mencari kata "E-mail Address", maka ketikkan http://en.wikipedia.org/wiki/email_address.
Kenali karakteristik website yang sering anda kunjungi maka anda akan menemukan cara yang lebih praktis
Sebagaimana dunia persilatan, maka di atas langit masih ada langit demikian juga artikel ini, masih merupakan lembaran kecil dari pengetahuan internet yang begitu luas.
Bedanya jika di dunia persilatan mengajarkan jurus silat hanya boleh diturunkan pada murid terpilih agar dunia persilatan tidak dikuasai pihak jahat, di dunia internet justru berlaku sebaliknya, edukasi dan saling sharing pengetahuan pada sesama pengguna adalah salah satu jalan agar fungsi internet digunakan sebaik-baiknya.

No comments:

Post a Comment