Powered By Blogger

Tuesday 29 September 2015

Menggunakan Internet Secara Positif Dan Cerdas

 

       Menggunakan Internet Secara Positif Dan Cerdas




Dewasa ini kejahatan di dunia maya tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Banyak kasus kejahatan di dunia maya telah terjadi beberapa belakangan hari ini. Fenomena ini tentu sangat mengkhawatirkan sebagian orang tua yang mempunyai anak yang setiap harinya mengakses internet.
Banyak penculikan terjadi dengan diawali berkenalan via media sosial di internet seperti facebook, twitter, instagram dan lainnya. Tentu saja kita bisa melihat bahwa para penculik bisa dengan gampangnya untuk berkenalan dengan seseorang calon korbannya melalui media sosial tadi.
Pengawasan dari berbagai pihak tentu sangat diperlukan, seperti pengawasan oleh orang tua, polisi, pemerintah maupun diri kita sendiri. Pada artikel ini, penulis akan menekankan cara mengawasi diri kita sendiri dari ancaman kejahatan yang ditimbulkan dari internet.
Adapun cara cara untuk mengawasi diri kita sendiri dari bahaya internet yaitu dengan menggunakan internet secara positif dan cerdas. Tentunya kita sebagai mahasiswa teknologi informasi tentu akan tahu dengan adanya tindakan kejahatan melalui internet yang disebut dengan cyber cream.
Inilah memanfaatkan internet secara positif dan cerdas:
  1. Internet adalah gudangnya ilmu pengetahuan apa saja dari A-Z, maka dari itu pergunakanlah dan manfaatkanlah ilmu tersebut sebaik – baiknya agar kita bisa mendapatkan manfaat yang positif dari ilmu tersebut.
  2. Ketika anda mengunggah foto atau apapun mengenai diri anda, pastikan anda menyadari apa yang akan terjadi di kemudian hari sebelum anda menyesal. Unggahlah file-file yang bermanfaat untuk orang banyak. Jangan mengupload foto anda ke dalam internet dengan gaya yang tidak sopan yang dimana nantinya akan di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  3. Pengawasan orang tua dirasa sangat perlu dilakukan, mengingat anak – anak yang masih belum cukup umur adalah target utama para pelaku kejahatan di internet.
  4. Apa yang kita tulis di dalam internet akan berbeda bunyinya dengan apa yang kita ucapkan di dunia nyata. Berbahasa Indonesia dengan baik dan benarlah agar tidak ada pihak yang dirugikan atas tulisan – tulisan kita.
  5. Setelah kita melakukan login di internet, jangan lupa untuk logut dari akun kita. Ini penting, karena dengan kita melakukan logout pada akun kita akan mengurangi resiko tindak kejahatan yang akan terjadi pada diri kita sendiri. Apalagi kita mengakses di warung internet yang dimana satu komputer bisa dipakai oleh orang banyak secara bergantian.
  6. Batasi putra dan putri kita untuk mengakses situs – situs pronografi, pornoaksi dan situs lainnya yang bisa merusak masa depan mereka. Ada beberapa software yang penulis sarankan untuk memblokir situs yang ingin di blokir oleh kita, diantaranya adalah netnanny dan K9 web protection.
  7. Melanggar hak cipta seseorang melalui internet kita sudah ada dasar hukumnya, jangan lupa ketika kita mengambil apa yang orang lain ciptakan seperti artikel tidak lupa untuk mencantumkan sumber berupa link biasanya. Ini sangat penting, agar tidak aka nada tuntutan hak cipta dari penulis terhadap kita.
Pergunakanlah internet secara positif dan cerdas, jangan sampai kita melakukan kesalahan yang fatal di internet. Ingatlah, sekali kita mengklik, maka kejahatan akan mengintai anda dimanapun kita berada.
Utamakan memikirkan apa yang akan terjadi di kemudian hari ketika kita menggunakan internet. Karena dengan memikirkan apa yang akan terjadi, kita setidaknya bisa mengurangi resiko terjadinya kejahatan di dunia maya.

No comments:

Post a Comment